Skip to main content

Perjuangan Relawan Traveling Berbagi Ilmu di Lereng Merapi



Bagi anak-anak di lereng Gunung Merapi, kursus bahasa Inggris menjadi barang mewah. Komunitas WAU membuat bahasa yang menjadi jendela dunia itu begitu dekat. Turis dari berbagai negara pun ikut serta dalam misi sosial tersebut.

FOLLY AKBAR, Sleman

---

YANG diinginkan Cahyani Putri Astuti akhirnya terwujud. Sejak lama remaja 12 tahun itu berharap bisa lebih banyak belajar untuk menguasai bahasa Inggris.

Maklum saja, sekolah tempatnya menempuh pendidikan formal hanya memberikan materi seadanya. Itu pun dilakukan dengan metode formal, yang membuatnya tidak terlalu bersemangat.

Tapi apa daya, keinginan mulia Cahyani untuk belajar lebih harus kandas dihadang tembok kehidupan. "Di sini tidak ada tempat kursus e, Mas," ujarnya dengan wajah malu-malu.

Cahyani kini tinggal di hunian tetap (huntap) Gondang 3, Dusun Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Jogja. Rumah tempatnya berteduh hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Bagi Cahyani dan ribuan anak lainnya di lereng Merapi, kursus bahasa Inggris menjadi barang yang amat mewah. Tak hanya menguras kantong orang tua, jarak yang harus ditempuh pun tidaklah dekat. Lembaga-lembaga kursus hanya ada di Kota Jogja maupun Sleman yang berjarak belasan kilometer dari lokasi mereka.

Tapi, entah mimpi apa, keinginan itu terwujud dalam beberapa bulan belakangan. Kini, dua pekan sekali, dia bersama belasan anak lain di dusunnya bisa merasakan apa itu kursus. "Saya (sudah) bisa mengartikan buah-buahan dalam bahasa Inggris," ucapnya antusias. "Ngobrol juga bisa sedikit-sedikit," lanjutnya dengan muka polos.

Keinginannya untuk bisa membuka jendela dunia dengan menguasai bahasa internasional mendapat secercah harapan. Cahyani amat berbahagia. Adalah komunitas World Around Us (WAU) Jogja yang berhasil mewujudkan mimpi Cahyani. Atau bahkan mimpi anak-anak lainnya yang hidup di lereng Merapi.

Komunitas yang awalnya memiliki empat personel inti itu sudah setahun menjelma menjadi "teacher" bagi anak-anak lereng Merapi. "Sebetulnya kami memberi nama WAU jelas saja. Awalnya warga pada nanya siapa yang mengajar," terang Fatchur Rahman, salah seorang penggagas WAU, saat ditemui di daerah Plemburan, Sleman, Jogja, memulai pembicaraan.

Terbentuknya WAU, lanjut Fatchur, bisa dibilang tidak terlalu disengaja. Ide mendirikan komunitas yang diresmikan November tahun lalu itu tidak datang dari ruang-ruang yang serius. Sebaliknya, ide tersebut berawal dari alam di lereng Merapi itu sendiri. Semua berawal dari hobi traveling yang sering dilakukan Fatchur.

Bersama Rio Paul, Indra Yoga, dan seorang warga Belanda yang menetap di Jogja, Famkeoud, Nuno -sapaan akrab Fatchur- kerap menghabiskan akhir pekan dengan traveling di kawasan Merapi. Siapa sangka, aktivitas yang identik dengan bersenang-senang itu justru menciptakan kegelisahan di benaknya.

Penyebabnya adalah kondisi masyarakat di lereng Merapi itu. Setelah erupsi Merapi pada 2010, proses recovery masyarakat di sekitar lereng tak kunjung tuntas. Jika dari aspek infrastruktur mulai ada perbaikan, aspek kehidupan sosial justru dihadapkan pada situasi yang rumit. Relokasi dari rumah ke huntap membuat masyarakat lereng Merapi mengalami perubahan. "Yang biasanya main di ladang atau kebun, anak-anak kehilangan itu semua," ujar Nuno dengan raut sedih.

Tak ayal, tidak sedikit anak yang terjerumus pada aktivitas-aktivitas yang dinilai kurang bermanfaat. Mulai motor-motoran, pacaran, hingga keranjingan gadget. Setelah melalui pertimbangan dan pembicaraan matang di sebuah kafe di salah satu sudut Kota Jogja, Nuno bersama ketiga rekannya memutuskan untuk memberikan kelas bahasa Inggris. Tujuannya, menciptakan ruang dan kegiatan positif bagi bocah-bocah lereng Merapi.

Kelas bahasa Inggris dipilih bukan tanpa alasan. Selain memang memiliki latar belakang bahasa Inggris, Nuno sadar potensi wisata kawasan lereng Merapi dan Jogja pada umumnya sudah mendunia. Di sisi lain, kompetensi yang dimiliki masyarakatnya dalam berkomunikasi terhitung minim. "Ini akan bermanfaat saat turis datang. Biar mereka 'berani' dengan bule," tutur pria asal Jepara tersebut.

Sontak, tanpa banyak menunggu, beberapa dusun di lereng Merapi langsung dia datangi. Kepala dusun, ketua RT, hingga orang tua dia ajak bicara. Gayung pun bersambut. Respons masyarakat ternyata sangat besar. Bahkan, beberapa dusun memintanya langsung mengajar anak-anak di dusunnya. "Mereka bilang ingin seperti dusun sebelah. Anak-anaknya ada yang ngajari," ungkap Nuno.

Hingga kini sudah ada enam dusun di lereng Merapi yang menjadi tempatnya rutin berbagi jendela dunia. Mulai Dusun Dongkel Sari, Pager Jurang, dan Gondang 3 di Sleman hingga Dusun Deles Indah, Ringin, dan Girpasang di Klaten, Jawa Tengah.

Untuk menarik minat masyarakat, khususnya para pemuda, ikut mengajar, Nuno memutuskan untuk tidak menghilangkan kebiasaan kampingnya. "Jadi, kami semacam open trip siapa yang mau ikut (jadi volunter). Malamnya kamping, besoknya ngajar anak-anak," jelas dia.

Antusiasme masyarakat untuk terlibat ternyata cukup besar. Dalam sekali aktivitas, ada lima atau bahkan pernah mencapai 20 relawan yang ikut terlibat. "Semua tidak dibayar. Keperluan ditanggung masing-masing."

Uniknya, bukan hanya dari dalam negeri, minat menjadi volunter juga datang dari banyak turis mancanegara. Mulai yang dekat seperti Singapura, Malaysia, atau Bangladesh hingga bule lintas benua seperti Rusia, Australia, Belanda, dan Inggris. "Direktur English First (lembaga kursus berjaringan internasional yang berpusat di Swiss, Red) malah pernah ikut," kata Nuno, lantas terkekeh.

Dalam menarik minat anak-anak untuk belajar, WAU mengonsep pembelajaran dengan permainan. Dalam satu kelas, rata-rata tak kurang dari 20 anak yang ikut serta. Materi yang diberikan juga disesuaikan dengan usia siswa. Bagi siswa yang sudah berusia SMP, misalnya, WAU sudah berani memberi mereka materi percakapan sederhana.

Tapi, kendala bukannya lantas tidak ada. Sebab, bukan anak-anak namanya kalau tidak bandel. Diakuinya, beberapa "kenakalan" anak-anak yang cukup over juga menjadi tantangan tersendiri. "Ada yang penginnya main aja. Disuruh bawa buku, pulpen, wegah (tidak mau)," ceritanya.

Tapi, hal itu tidak membuat WAU patah arang. Sudah mau ikut dan meninggalkan aktivitas yang tidak terkontrol di luar sana saja, menurut Nuno, sudah bagus.

Nuno dan kawan-kawan lainnya menyadari bahwa apa yang mereka berikan belum tentu membuat anak-anak gunung mahir berbahasa Inggris. Sebab, sejak awal dia memang tidak memiliki target sejauh itu. Namun, yang terpenting, menurut dia, kehadiran WAU membawa orang-orang luar ke pelosok Merapi bisa menumbuhkan mental baru bagi anak-anak. Mental yang tidak lagi merasa dirinya inferior dan terbelakang. (*/c9/agm)



(Tulisan ini terbit di Jawa Pos edisi 14 November 2016) 

Comments

Popular posts from this blog

Menyiapkan Ikan Arwana untuk Kontes Ala Iseereds Jakarta

Bibit Ikan Arwana Iseereds Jakarta foto Fedrik/Jawa Pos Setiap kontestasi selalu menuntut lebih untuk menjadi yang terbaik. Pun sama halnya dengan arwana super-red. Mempersiapkan mereka agar siap ”diadu” membutuhkan atensi, waktu, dan modal jauh lebih besar daripada untuk sekadar pajangan. --- ADA serangkaian proses dan tahapan yang wajib dilalui dalam menyiapkan arwana kontes. Karena sifatnya wajib, satu proses saja yang tidak maksimal hampir dipastikan hasilnya tidak akan maksimal. Pendiri Iseereds Jakarta Michael Leonard memaparkan, proses melahirkan arwana super-red jempolan bahkan harus dimulai sejak pemilihan bibit. Biasanya, para pemburu mencari bibit dengan anatomi bagus dan seunik mungkin. Misalnya, kepala dengan kontur sendok yang sempurna. Kemudian sirip dayung yang panjang hingga ekor besar yang memunculkan aura gagah. ”Masalahnya, hunting ikan dengan anatomi bagus itu nggak gampang. Karena orang sudah rebutan,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Sunter, Jakarta Utara,

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah 1)       مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم) “Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya” 2)       مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ . ( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “ Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman ” HUKUM BERDAKWAH 1)       اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ )  (رواه البخارى) “Aj

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi).  Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.