Skip to main content

Kiprah Paramedis Jalanan Memberikan Pertolongan Pertama pada Aksi Massa

Alviani Sabillah, salah seorang pendiri Paramedis Jalanan



Berbekal pendidikan medis dasar, para personel Paramedis Jalanan turun di tiap aksi besar untuk memberikan pertolongan pertama. Sering mendapat intimidasi meski sudah membawa tanda pengenal medis, termasuk dalam demo anti-omnibus law.

FOLLY AKBAR, Jakarta, Jawa Pos

---

JATUHNYA banyak korban dalam rangkaian aksi demonstrasi ’’reformasi dikorupsi’’ September 2019 lalu sangat lekat di ingatan Alviani Sabillah.

Dia yang juga ikut turun ke lapangan kala itu harus melihat dengan mata dan kepala sendiri kawan seperjuangannya terluka tanpa ada pertolongan medis yang cepat.

Kalaupun ada, hanya pertolongan spontanitas tanpa standar peralatan minimal yang memadai. Sisi kemanusiaannya pun tergugah.

Perempuan berjilbab itu pun akhirnya ikut menginisiasi lahirnya kelompok Paramedis Jalanan. Bersama sembilan kawan lain yang berlatar mahasiswa, buruh, dan aktivis medis. Sebuah kumpulan yang bertugas memberikan pertolongan pertama kepada massa aksi yang menjadi korban represivitas aparat saat demonstrasi.

’’Kami mulai tahun lalu tanggal 28 September,’’ ujarnya kepada Jawa Pos tadi malam.

Sejak dibentuk, kelompok Paramedis Jalanan berjalan dengan konsep yang cair. Tidak ada struktur layaknya organisasi.

Namun, mereka konsisten untuk turun ke lapangan. Dikomandoi rasa kepedulian bersama. Khususnya di aksi-aksi yang berkaitan erat dengan kepentingan publik dan dinilai memiliki potensi keributan. Misalnya, aksi peringatan Hari HAM, Hari Buruh, hingga yang terbaru pada aksi penolakan omnibus law Kamis lalu (8/10) di Jakarta.

’’Ketika aksinya penting untuk dilakukan, kami akan turun,’’ imbuhnya.

Untuk aksi yang skalanya kecil, terlebih yang bermuatan politik praktis dan tidak terkait dengan kepentingan umum, Alvi dkk menghindari.

’’Karena selama ini kami bagian dari massa aksi, hanya mengambil posisi berbeda,’’ kata dia.

Meski bernama Paramedis Jalanan, Alvi menyebut sebagian besar yang bergiat di dalamnya tidak memiliki latar belakang pendidikan medis sama sekali. Dia sendiri, misalnya, seorang mahasiswa hukum.

Namun, hal itu tidak menyurutkan langkah yang didasari kesadaran dan kepedulian tersebut. Sadar kemauan saja tak cukup, Paramedis Jalanan pelan-pelan mempelajari ilmu medis dasar. Bahkan, para dokter dan perawat digandeng untuk memberikan pelatihan.

Hasilnya cukup baik. Saat ini setidaknya para anggota memiliki kemampuan untuk memberikan pertolongan pertama dalam situasi yang khas demonstrasi. Mulai sesak napas karena gas air mata, pingsan akibat berdesakan, keseleo, hingga luka di badan.

’’Misal lihat ada orang robek, kita tutup supaya darah nggak keluar banyak,’’ tuturnya.

Sementara itu, tindak lanjutnya tetap diserahkan kepada petugas kesehatan di rumah sakit. ’’Kami bantu telepon ambulans,’’ ujarnya.

Karena hanya bersifat pertolongan pertama, bekal peralatan yang dibawa juga tidak terlampau rumit. Biasanya, mereka membawa perban, Betadine, minyak kayu putih, dan sejumlah obat-obat ringan lainnya di sebuah boks lengkap dengan tandu.

Semua kebutuhan tersebut dipenuhi dengan sistem swadaya atau patungan antaranggota. Meskipun dalam kasus tertentu, mereka membuka donasi untuk mengajak kepedulian masyarakat. Sejauh ini, Alvi menyebut faktor ’’logistik’’ belum terkendala.

Lantas, bagaimana teknis di lapangan? Mahasiswa STH Jentera itu mengatakan, di setiap aksi, para anggota akan berbagi tugas. Sebagian kecil membentuk posko di tempat yang dinilai strategis dan tidak jauh dari lokasi aksi. Sementara itu, sisanya disebar di berbagai titik. Penyebaran sengaja dilakukan untuk memastikan semua area demonstrasi ter-cover anggota Paramedis Jalanan.

’’Ketika kami lihat ada kawan butuh pertolongan, kami maju menolong mereka,’’ tuturya.

Dalam demonstrasi penolakan omnibus law Kamis lalu, Alvi menyebut tim yang turun sekitar 30 orang. Di lapangan, pihaknya berkolaborasi dengan massa aksi dari Poltekes Jakarta.

Sepanjang aksi tersebut, lanjut dia, cukup banyak demonstran yang dapat ditolong. Rata-rata yang yang ditangani adalah korban akibat gas air mata, peserta aksi yang jatuh, hingga orang pingsan.

’’Ada yang nggak bisa bangun tapi mulutnya ngomong, ada yang keseleo, bahkan jam mau magrib ada yang patah tulang,’’ kata dia.

Penugasan di lapangan, kata Alvi, tak melulu berjalan mudah. Meski sudah mengumumkan diri sebagai petugas medis, mereka tak lantas terbebas dari intimidasi aparat. Kamis lalu pihaknya harus dua kali pindah posko akibat situasi yang tidak kondusif.

Bahkan, saat posko dipindahkan hingga kawasan Gedung Joang Menteng, intimidasi itu tetap datang. ’’Tembakan gas air mata diarahkan ke kami di Gedung Joang. Itu udah bentuk intimidasi. Harusnya kan ke atas,’’ kata Alvi.

Selain itu, lanjut dia, situasi di lapangan cukup menyulitkan. Blokade aparat maupun massa membuat akses tim medis sulit. Mobil ambulans atau motor yang dibutuhkan untuk evakuasi sulit masuk.

Ke depan, dia berharap aparat kepolisian maupun massa aksi bisa lebih memikirkan proses evakuasi. Sebab, terlepas dari apa pun, faktor keselamatan adalah hal yang utama.

’’Jadi, perlu pemahaman yang sama soal aturan di aksi. Kemarin nggak ada jalan yang ditempuh untuk ambulans evakuasi,’’ kata dia.

Alvi mengatakan, semangat Paramedis Jalanan yang di Jakarta sudah merambat ke berbagai kota di tanah air. Di antaranya, Surabaya, Jogjakarta, dan Makassar.

Meski tidak ada naungan yang mengikat satu sama lain, komunikasi yang terjalin sesama Paramedis Jalanan cukup intens dengan dibalut kesamaan misi. Biasanya, satu sama lain berbagi pengalaman.

Alvi berharap semakin banyak warga yang mau bergabung dalam Paramedis Jalanan. ’’Kami melihat banyak massa aksi butuh pertolongan medis,’’ katanya. (*/c19/ttg)


Tulisan ini dimuat di Jawa Pos edisi 10 Oktober 2020

 

Comments

Popular posts from this blog

Menyiapkan Ikan Arwana untuk Kontes Ala Iseereds Jakarta

Bibit Ikan Arwana Iseereds Jakarta foto Fedrik/Jawa Pos Setiap kontestasi selalu menuntut lebih untuk menjadi yang terbaik. Pun sama halnya dengan arwana super-red. Mempersiapkan mereka agar siap ”diadu” membutuhkan atensi, waktu, dan modal jauh lebih besar daripada untuk sekadar pajangan. --- ADA serangkaian proses dan tahapan yang wajib dilalui dalam menyiapkan arwana kontes. Karena sifatnya wajib, satu proses saja yang tidak maksimal hampir dipastikan hasilnya tidak akan maksimal. Pendiri Iseereds Jakarta Michael Leonard memaparkan, proses melahirkan arwana super-red jempolan bahkan harus dimulai sejak pemilihan bibit. Biasanya, para pemburu mencari bibit dengan anatomi bagus dan seunik mungkin. Misalnya, kepala dengan kontur sendok yang sempurna. Kemudian sirip dayung yang panjang hingga ekor besar yang memunculkan aura gagah. ”Masalahnya, hunting ikan dengan anatomi bagus itu nggak gampang. Karena orang sudah rebutan,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Sunter, Jakarta Utara,

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah 1)       مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم) “Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya” 2)       مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ . ( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “ Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman ” HUKUM BERDAKWAH 1)       اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ )  (رواه البخارى) “Aj

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi).  Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.