Skip to main content

Melihat Kesederhanaan Para Pejabat Timor Leste

Jawa Pos saat berbincang dengan Menteri Sosial Timor Leste


Di Sini Bupati Itu, aaah..., Orang Biasa

Banyak pejabat di Timor Leste yang memilih hidup tanpa kawalan. Tiada pula protokoler ketat. Warga pun bebas menyampaikan keinginan secara langsung. Berikut laporan FOLLY AKBAR yang baru pulang dari sana.

---

ACACIO Pinto, 28, seorang warga Dili, mendadak terbangun dari kursinya. Dia berjalan beberapa langkah. Lalu menjabat tangan perempuan paro baya.

Di sekelilingnya, ratusan warga Dili lainnya tampak tenang. Setia menunggu antrean pengobatan gratis di KRI Soe­harso yang bersandar di Pelabuhan Dili, Timor Leste.


"Itu Ibu Menteri Solidaritas Timor Leste," ujar Acacio kepada Jawa Pos menunjuk si perempuan paro baya tersebut. Siang itu (31/1) Acacio juga turut berkumpul dengan rombongan kru KRI Soeharso asal Indonesia.

Beberapa kru kapal yang tidak memperhatikan aktivitas Acacio sebelumnya pun tampak bingung. "Mana menterinya?" ujar Sapardi, salah seorang rombongan dari Indonesia. Meski hanya berjarak sekitar 7 meter, Sapardi tidak melihat ada sosok pejabat negara di hadapannya.

"Yang itu," kata Acacio sembari menelunjukkan jari tangannya ke arah perempuan yang dimaksud

Sapardi dan beberapa orang lainnya pun tertegun. Perempuan tua yang menjabat menteri solidaritas Timor Leste itu bernama Isabel Amaral Guterres. Itu mirip dengan menteri sosial jika di Indonesia. Usianya sudah 58 tahun.

Keriput di kulitnya dibiarkan begitu saja. Tiada riasan atau sekadar bedak dan lipstik di wajahnya. "Saya tidak pakaimake-up," kata Isabel, lantas tersenyum.

Saat tiba di pelabuhan, tidak ada keriuhan layaknya menyambut seorang pejabat di Indonesia. Jangankan rombongan polisi pengawal, satu orang pengawal pun tidak terlihat di sampingnya.

Dia datang bersama seorang direktur jenderal di kementeriannya. "Ingin memantau masyarakat yang berobat," imbuhnya.

Warga Dili yang mengetahui kedatangan pejabat negaranya pun tidak bereaksi berlebihan. Hanya beberapa orang yang tampak menyapa dan berbincang sesaat. Sama seperti saat mereka melihat warga Dili lainnya datang. Semua berjalan biasa-biasa saja. Mirip seperti seorang ketua RT memantau kegiatan di lingkungannya.

Siang itu Isabel mengenakan pakaian setelan blus pendek bermotif kembang-kembang dan celana kain panjang hitam. Di pundaknya, dia gelantungkan tas plastik berwarna hitam. "Harganya 40 dolar," kata Isabel.

Di Timor Leste, USD 40 terhitung murah. Sebab, hampir semua merupakan produk impor dengan biaya distribusi yang relatif mahal. Sebagai perbandingan, harga seporsi nasi padang saja mencapai USD 5 atau sekitar Rp 67.500.

Menurut pengakuan Isabel, bukan hanya dirinya, sebagian besar pejabat di Timor Leste memang juga tidak suka dikawal. Meski standard operating procedure (SOP) mengatur penggunaan pengawal, sebagian besar menteri tidak menggunakannya.

Saat ini hanya presiden, perdana menteri, hakim, dan ketua parlemen yang wajib dikawal. Dan tidak boleh menolak. Dalam hal berpakaian, pakaian dinas hanya digunakan dalam forum-forum resmi kenegaraan. "Awal-awal saya iya (menggunakan, Red). Sekarang jalan sendiri saja," ungkap lulusan Australian Catholic University itu.

Pengawalan, menurut Isabel, merupakan hal yang nyaris sia-sia. Sebab, tidak ada ancaman yang membuat seorang pejabat harus dikawal. "Di sini semua bersaudara," kata perempuan yang sempat merasakan duduk di bangku kuliah di Universitas Atma Jaya Jakarta tersebut.

Di tempat yang sama, seorang laki-laki tampak tengah asyik berbincang dengan beberapa warga Dili. Mereka sangat akrab. Beberapa kali tawa lepas terlihat melengkapi perbincangan mereka siang itu.

Sesekali pria bertinggi sekitar 165 sentimeter tersebut tampak memantau anak laki-lakinya yang berlari-lari di dermaga pelabuhan. "Dia menteri pemuda dan olahraga," kata Acacio saat memperkenalkannya kepada Jawa Pos. Leovigildo Hornai nama pejabat itu.

Sama seperti Isabel, Leo -sapaannya- juga mengunjungi posko pengobatan tanpa embel-embel protokoler. Bedanya, Leo berpenampilan lebih necis. Sebuah kaus polo putih masuk ke dalam celana panjang ketat berwarna cokelat yang dipakainya. Di tangan kirinya terlihat sebuah jam tangan berwarna keemasan. "Ini jam pemberian. Usianya sudah sangat lama," katanya.

Leo bercerita, dirinya tidak membutuhkan kawalan. Kata dia, tidak ada alasan bagi warga Timor Leste untuk berbuat jahat kepadanya. "Ngapain berbuat jahat ke saya? Mereka bisa menyampaikan kemauannya seperti saat seperti ini," kata Leo merujuk pada perbincangannya dengan warga siang itu.

Di lokasi acara tersebut, para menteri lainnya pun bergaya serupa. Nyaris tidak ada aksesori yang membedakan warga biasa dengan pejabat sekelas menteri. "Kami di sini sulit membedakan yang mana pejabat, yang mana warga. Jaga perilaku," kata Kepala Staf Operasi Kolonel Laut (K) Wiweka saat mengarahkan kru kapal.

Fernando Dexis, warga Dili, bercerita, kultur pejabat di Timor Leste memang seperti itu. Bertemu atau menyampaikan keinginan secara langsung bukan hal yang sulit bagi warga. Bahkan, pada 25 Januari lalu, dia sempat menemui langsung Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak di kantornya. Pertemuan tersebut dilakukan hanya tujuh hari setelah surat permohonan bertemu. "Saya minta dikuliahkan di Australia," kata pemuda 22 tahun itu. Bukan hanya dirinya, beberapa warga lain kerap melakukan hal yang sama.

Sewaktu kecil, di rumahnya, Dexis mengaku malah pernah dikunjungi Xanana Gusmao yang kala itu masih menjabat presiden. "Waktu itu saya sakit," kenangnya.

Karena itu, Dexis mengaku heran saat melihat rombongan seorang bupati di Nusa Tenggara Barat datang dengan pengawalan penuh. "Di sini bupati itu seperti, ahhhh..., orang biasa," ujarnya. (*/c9/sof)

Comments

Unknown said…
SALAM KENAL SEMUA,SAYA PAK AGUS TONO DARI MALAYSIA
CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI (ASLI) BUKAN REKAYASAH!!!

TERIMA KASIH BANYAK MBAH SERO SUDAH 3 TAHUN SAYA MENDERITA DI MALAYSIA KERJAAN SAYA CUMA MENOMBAK KELAPA SAWIT PENDAPATAN TIDAK SEBERAPA SEDANKAN SEWAH KONTRAKAN RUMAH 700 RIBU PERBULAN TAPI SETELAH KAMI DAPAT NOMOR MBAH DI INTERNET KAMI COBA-COBA HUBUNGI LALU MINTA BANTUAN ANGKA GHOIB DAN ALHAMDULILLAH ANGKA YANG DIBERI MBAH SERO LANSUNG TOTO 6D BENAR-BENAR 100% TERBUKTI TEMBUS SEKALI LAGI TERIMA KASIH MBAH SERO RENCANA MAU PULANG KE INDO BUKA USAHA INI SEMUA BERKAT BANTUAN ANGKA GHOIB MBAH SERO BAGI ANDA YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA HUBUNGI MBAH SERO DI NOMOR 082 370 357 999 TERIMA KASIH..!!! INI KISAH NYATA DARI SAYA..

Popular posts from this blog

Menyiapkan Ikan Arwana untuk Kontes Ala Iseereds Jakarta

Bibit Ikan Arwana Iseereds Jakarta foto Fedrik/Jawa Pos Setiap kontestasi selalu menuntut lebih untuk menjadi yang terbaik. Pun sama halnya dengan arwana super-red. Mempersiapkan mereka agar siap ”diadu” membutuhkan atensi, waktu, dan modal jauh lebih besar daripada untuk sekadar pajangan. --- ADA serangkaian proses dan tahapan yang wajib dilalui dalam menyiapkan arwana kontes. Karena sifatnya wajib, satu proses saja yang tidak maksimal hampir dipastikan hasilnya tidak akan maksimal. Pendiri Iseereds Jakarta Michael Leonard memaparkan, proses melahirkan arwana super-red jempolan bahkan harus dimulai sejak pemilihan bibit. Biasanya, para pemburu mencari bibit dengan anatomi bagus dan seunik mungkin. Misalnya, kepala dengan kontur sendok yang sempurna. Kemudian sirip dayung yang panjang hingga ekor besar yang memunculkan aura gagah. ”Masalahnya, hunting ikan dengan anatomi bagus itu nggak gampang. Karena orang sudah rebutan,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Sunter, Jakarta Utara,

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah 1)       مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم) “Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya” 2)       مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ . ( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “ Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman ” HUKUM BERDAKWAH 1)       اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ )  (رواه البخارى) “Aj

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi).  Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.