Skip to main content

Verifikasi Faktual Partai Politik, Muntah-muntah Hingga dituduh Debt Collector

Kondisi jalan yang dilalui petugas verifikasi faktual


Tantangan alam, sulitnya akses, sampai penolakan masyarakat adalah sebagian tantangan pelaksana verifikasi faktual di berbagai daerah. Ada petugas yang sudah janjian via SMS, eh malah ditinggal melaut.

FOLLY AKBAR, Jakarta

---

SAAT para elite di Jakarta asyik menghitung-hitung koalisi di meja perundingan, di belahan penjuru lain di negeri ini, aktivitas politik dijalani dengan cara berbeda.

Ribuan petugas KPU di seluruh Indonesia harus menantang risiko saat melakukan verifikasi faktual (verfak).

Verfak dilakukan terhadap partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 yang lolos verifikasi administrasi. Total, ada delapan partai nonparlemen yang dituntut menjalani proses tersebut.

Di proses ini, ada sejumlah data yang kebenarannya harus divalidasi di lapangan. Mulai kantor kepengurusan dari tingkat nasional hingga kecamatan sampai yang paling melelahkan adalah memvalidasi bukti keanggotaan. Sebagaimana ketentuan UU Pemilu, salah satu syarat parpol adalah memiliki 1.000 anggota atau 1 anggota dari setiap 1.000 penduduk di kabupaten/kota.

Di tahap pertama yang tuntas pada Jumat (4/11) pekan lalu itu pula, tak sedikit petugas yang harus melalui rangkaian kegiatan dengan banyak tantangan. Menerjang kondisi alam, melewati jalan berisiko longsor, puluhan jam menyeberang laut, hingga sempat diusir warga.

Misalnya, yang dialami anggota KPU Kabupaten Bintan Syamsul. Kabupaten di Kepulauan Riau itu memiliki wilayah yang besar dengan didominasi laut. Letaknya membentang dari kawasan utama di Pulau Bintan di samping Pulau Batam hingga daerah Tambelan yang posisinya lebih dekat dengan Pulau Kalimantan. ”Dari geografis, ia berdekatan dengan Pontianak, Kalimantan Barat,” ujarnya.

Syamsul tak mengetahui asal mula wilayah itu masuk administrasi Kepulauan Riau. Yang pasti, itulah bagian dari tanggung jawabnya untuk memverifikasi masyarakat sana yang menjadi anggota parpol. Total, ada 48 orang yang terdaftar sebagai anggota parpol di kecamatan tersebut.

Perjalanan dari Bintan ke pusat Kecamatan Tambelan, lanjut dia, bukan perkara mudah. Untuk menuju pulau tersebut, satu-satunya akses saat ini hanya bisa ditempuh dengan kapal. Itu pun dengan jadwal yang tak pasti karena harus ikut jadwal kapal Pelni yang punya rute memutari berbagai pulau di wilayah Kepulauan Riau. ”Bisa seminggu atau dua minggu sekali,” jelasnya.

Layaknya perjalanan laut, semua bergantung cuaca. Dari titik pelabuhan Pangkal Pinang hingga ke Pulau Tambelan Besar, perjalanan memakan waktu hampir 22 jam. ”Berangkat pada Senin, 24 Oktober, sampai lokasi tanggal 25 (Oktober),” ungkapnya.

Perjalanan 22 jam bukan ujung dari pelayaran. Sebab, dari pulau utama, petugas masih harus menyebar ke pulau-pulau kecil lainnya. Sebab, kecamatan tersebut terdiri atas banyak pulau. Misalnya, Desa Pengikik yang berada di pulau berjarak 8–9 jam pelayaran. ”Itu pun kalau cuaca bagus,” tegasnya.

Berbeda dengan perjalanan pertama yang menggunakan kapal lumayan besar, pelayaran dari Tambelan ke Pengikik memakai pompong atau kapal nelayan kecil. Nuansa petualangannya jauh lebih menantang.

Menjalani perjalanan laut di Selat Karimata yang berseberangan dengan Laut China Selatan tak cukup nyaman. Selain cuaca yang kurang stabil, terlebih pada musim hujan, ombak juga lumayan tinggi.

”Sempat juga kami mengeluarkan apa yang di dalam tubuh kami. Mabuk (laut, Red),” kata Syamsul, lalu tertawa. ”Salat yang biasa berdiri akhirnya juga duduk saja,” tambahnya menceritakan buruknya kondisi kesehatan.

Karena melewati perjalanan panjang, proses verfak dilakukan dengan janjian lewat SMS setelah mencari kontak. Sialnya, cara itu tak menjamin keberhasilan. ”Ada yang nemuin, tapi istrinya. Karena suami sedang melaut,” ceritanya.

Pengalaman berbeda dialami anggota KPU Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Sumarlin. Di daerah tersebut, tantangan ada pada kondisi jalan yang rawan dengan sisi-sisi tebing curam. ”Cukup banyak daerah yang mengalami longsor,” ujarnya.

Situasi rawan longsor itu terjadi di banyak tempat. Khususnya di daerah berbukit seperti Kecamatan Tabang. ”Apalagi, Mamasa bisa dibilang hampir setiap hari hujan,” jelasnya.

Di daerah tersebut, mayoritas masih berupa jalan kuda atau jalan rintisan tanpa aspal. Akibatnya, jalan tak bisa dilalui secara maksimal oleh mobil. Sebagai gantinya, mereka harus menyewa sejumlah motor trail untuk bisa mengaksesnya.

Alhasil, proses mendatangi rumah ke rumah harus dilalui dengan ekstrahati-hati. Jika salah perhitungan, bisa berujung petaka. ”Apa pun rintangannya, teman-teman di Mamasa tetap melaksanakan verfak,” tuturnya.

Selain tantangan alam, proses verfak mendapatkan kendala perilaku kurang mengenakkan dari masyarakat. Misalnya, yang terjadi di Kabupaten Badung, Bali. Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta menyatakan, pihaknya sempat mengalami penolakan masyarakat.

Datang membawa berkas dan memakai seragam membuat banyak warga, khususnya di desa, tak nyaman. ”Kami dikira debt collector (penagih utang). Jadi, kami sempat diminta pergi juga,” ujarnya.

Namun, Semara dkk tak patah arang. Memberikan pemahaman, lanjutnya, terlebih di kampung-kampung, memang bukan hal mudah. Sebab, resistansi sangat tinggi. Petugas harus sabar menghadapi dan mesti bertindak lebih humanis.

”Kami perkenalkan diri sebagai tim verifikator. Malah kami dicerca dengan pertanyaan apa itu verifikator dan sebagainya,” katanya.

Alhasil, pihaknya harus mencari cara yang lebih bisa dipahami awam. Misalnya, menyamar sebagai petugas sensus. ”Jadi, ketika sampai, kami bilangnya, ’Kami petugas sensus parpol’, ’oh petugas sensus ya? Oke, silakan’,” papar pria yang akrab disapa Kayun tersebut.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengapresiasi militansi jajarannya dalam melakukan verfak. Hasyim menjelaskan, apa pun kondisinya, verfak merupakan bagian dari tugas penyelenggara yang harus dituntaskan.

Namun, dia memastikan, beratnya beban petugas diimbangi dengan kompensasi ekonomi. Mulai honorarium dari jumlah anggota yang diverifikasi hingga mekanisme perjalanan dinas. ”Kalau ada situasi yang membuat orang kesakitan dan seterusnya, ada pemberian santunan,” ungkapnya. (*/c14/ttg)

 

Comments

Popular posts from this blog

Menyiapkan Ikan Arwana untuk Kontes Ala Iseereds Jakarta

Bibit Ikan Arwana Iseereds Jakarta foto Fedrik/Jawa Pos Setiap kontestasi selalu menuntut lebih untuk menjadi yang terbaik. Pun sama halnya dengan arwana super-red. Mempersiapkan mereka agar siap ”diadu” membutuhkan atensi, waktu, dan modal jauh lebih besar daripada untuk sekadar pajangan. --- ADA serangkaian proses dan tahapan yang wajib dilalui dalam menyiapkan arwana kontes. Karena sifatnya wajib, satu proses saja yang tidak maksimal hampir dipastikan hasilnya tidak akan maksimal. Pendiri Iseereds Jakarta Michael Leonard memaparkan, proses melahirkan arwana super-red jempolan bahkan harus dimulai sejak pemilihan bibit. Biasanya, para pemburu mencari bibit dengan anatomi bagus dan seunik mungkin. Misalnya, kepala dengan kontur sendok yang sempurna. Kemudian sirip dayung yang panjang hingga ekor besar yang memunculkan aura gagah. ”Masalahnya, hunting ikan dengan anatomi bagus itu nggak gampang. Karena orang sudah rebutan,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Sunter, Jakarta Utara,

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah 1)       مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم) “Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya” 2)       مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ . ( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “ Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman ” HUKUM BERDAKWAH 1)       اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ )  (رواه البخارى) “Aj

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi).  Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.