Skip to main content

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia dan Peran Menjaga Asa Penderita Gangguan Mental


KPSI memberikan edukasi sekaligus menciptakan situasi lingkungan yang membantu pemulihan penderita skizofrenia. Sebagian penyintas atau keluarga mereka kini beralih menjadi edukator.

FOLLY AKBAR, Jakarta

----

TAK tebersit di benak Osse Kiky jalan hidupnya menikung begitu tajam. Dari seorang pengidap skizofrenia atau gangguan jiwa kini justru menjadi edukator bagi penderita maupun publik secara umum.

Tikungan hidup yang bahkan memberangkatkannya ke berbagai kota, sampai ke Manchester, Inggris, sana. Termasuk mendatangkan banyak tambahan pengetahuan serta pengalaman.

Lompatan hidup Osse itu tak lepas dari peran Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), sebuah komunitas yang dia kenal sejak 2012.

Tahun ketika dia harus berjuang melawan penyakit mental yang membuatnya seperti orang tidak waras.

”Pada awalnya yang aktif (di KPSI) almarhum ayah saya,” ujarnya kepada Jawa Pos pada pengujung Mei lalu (31/5).

Sang ayah, lanjut dia, adalah sosok yang paling getol berikhtiar menyembuhkan dia. Ketika menjalani pengobatan di sebuah pusat kesehatan, ayahnya secara kebetulan mendengar KPSI dari pengunjung lain saat antre.

Dari situ sang ayah mengetahui ada komunitas yang mengumpulkan dan mengedukasi penderita skizofrenia. Sebuah iklim lingkungan yang dibutuhkan Osse.

Sebelumnya, salah satu tantangan besar yang dialami Osse adalah konsistensi meminum obat. Padahal, obat bagi penderita skizofrenia sangat krusial. ”Jadi sering kambuh,” ceritanya.

Dengan bantuan lingkungan KPSI, kebiasaan buruk itu perlahan bisa dihilangkan. Kesadaran dan semangat untuk sembuh terus dipupuk. Hingga akhirnya Osse bisa hidup normal, bahkan sanggup berbagi manfaat bagi penderita lain. Atas dasar itu, pria paro baya tersebut memutuskan untuk terlibat aktif dan ikut membantu menyembuhkan penderita lain bersama KPSI.

KPSI didirikan Bagus Utomo, seorang warga Jakarta yang aslinya berlatar belakang pustakawan dan peneliti. Meski tak pernah mendapat pendidikan formal terkait kejiwaan, Bagus kenyang pengalaman di bidang itu. Pengalaman didapat dari belasan tahun interaksinya merawat sang kakak yang mengidap skizofrenia sejak 1995.

Bagus sukses menyembuhkan sang kakak berkat mempelajari dengan tekun penyakit tersebut. Juga mengikuti metode penyembuhan yang tepat.

”Saya mikir, sayang sekali kalau pengetahuan ini tidak dibagikan,” kata Bagus dalam perbincangan terpisah dengan Jawa Pos.

Apalagi, banyak orang yang tidak mengetahuinya. Dari situ, dia mulai rajin berbagi di internet melalui blog. Kemudian, komunitas pun terbangun lewat jejaring terbatas. Seiring kemajuan teknologi, komunitas beralih ke Facebook hingga akhirnya bertransformasi secara lebih besar dengan membentuk sekretariat, bahkan sampai ke daerah-daerah.

Bagus menuturkan, penderita gangguan jiwa di Indonesia cukup banyak. Sayangnya, belum banyak di antara mereka atau lingkungan terdekatnya yang teredukasi. Imbasnya, penderita tidak tertangani secara benar.

Bahkan, sebagian mengambil langkah ekstrem dengan mengurung atau malah memasungnya. Yang lebih parah, ada juga yang membuang serta membiarkannya berkeliaran.

Padahal, layaknya penyakit, mayoritas penderita gangguan jiwa juga bisa disembuhkan jika ditangani. ”Hanya satu pertiga yang mungkin tidak bisa disembuhkan,” imbuhnya.

Nah, KPSI hadir untuk memberikan pemahaman tersebut. Peran komunitasnya, lanjut dia, lebih fokus pada edukasi. Sementara itu, secara medis, yang melakukan tetap penyedia layanan kesehatan.

Dalam kaitan dengan edukasi, KPSI menjadi wadah saling berbagi informasi dan pengalaman. Itu mengingat banyak anggota yang justru berasal dari penyintas atau keluarga yang berhasil sembuh.

Selain membuka layanan harian, KPSI mengadakan sejumlah kegiatan penunjang. Salah satu yang rutin dihelat adalah peer support yang diagendakan pada pekan ketiga setiap bulan. Di situ, penderita maupun keluarganya berkumpul untuk meng-update ataupun saling bertukar persoalan serta solusi.

KPSI juga rutin mengadakan kegiatan maupun pelatihan bagi para pengidap skizofrenia. Mulai pelatihan kreativitas, seni, hingga ke arah pelatihan keterampilan dan wirausaha. ”Untuk menjaga produktivitas para penderita,” kata Bagus.

Para penderita juga dilatih mengontrol emosi. Dengan berkegiatan, konsentrasi diharapkan meningkat dan mengeliminasi perilaku halusinasi.

Tak hanya sampai di situ, diadakannya pelatihan kewirausahaan juga bagian dari upaya kecil menyiapkan masa depan. Sebab, sebagian penderita harus kehilangan pekerjaan maupun sumber mata pencaharian akibat penyakit tersebut.

Semua kegiatan itu, kata Bagus, dilakukan secara swadaya anggota. Dia pun berharap cara pandang terhadap penderita skizofrenia, terutama di lingkungan terdekat, diubah. Jangan sampai mereka dikucilkan, justru harus didukung.

Seperti dulu Osse didukung penuh sang ayah yang akhirnya membuat jalan hidupnya menikung tajam menuju ke arah yang lebih baik. Tidak hanya telah sembuh, dia kini juga bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk sembuh. (*/c19/ttg)

 Tulisan ini tayang di Jawa Pos edisi 9 Juni 2023

Comments

Popular posts from this blog

Menyiapkan Ikan Arwana untuk Kontes Ala Iseereds Jakarta

Bibit Ikan Arwana Iseereds Jakarta foto Fedrik/Jawa Pos Setiap kontestasi selalu menuntut lebih untuk menjadi yang terbaik. Pun sama halnya dengan arwana super-red. Mempersiapkan mereka agar siap ”diadu” membutuhkan atensi, waktu, dan modal jauh lebih besar daripada untuk sekadar pajangan. --- ADA serangkaian proses dan tahapan yang wajib dilalui dalam menyiapkan arwana kontes. Karena sifatnya wajib, satu proses saja yang tidak maksimal hampir dipastikan hasilnya tidak akan maksimal. Pendiri Iseereds Jakarta Michael Leonard memaparkan, proses melahirkan arwana super-red jempolan bahkan harus dimulai sejak pemilihan bibit. Biasanya, para pemburu mencari bibit dengan anatomi bagus dan seunik mungkin. Misalnya, kepala dengan kontur sendok yang sempurna. Kemudian sirip dayung yang panjang hingga ekor besar yang memunculkan aura gagah. ”Masalahnya, hunting ikan dengan anatomi bagus itu nggak gampang. Karena orang sudah rebutan,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Sunter, Jakarta Utara,

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah 1)       مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم) “Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya” 2)       مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ . ( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “ Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman ” HUKUM BERDAKWAH 1)       اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ )  (رواه البخارى) “Aj

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi).  Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.