Skip to main content

Identitas lewat Kardus, Sikat, hingga Selimut ala Isabel dan Alfredo Aquilizan


Gigantik. Itulah ciri khas karya seni pasangan perupa asal Filipina, Isabel dan Alfredo Aquilizan. Meski demikian, semua karya seni kontemporer tersebut berangkat dari benda-benda sederhana.

Instalasinya dibentuk dari barang bekas yang biasa kita temui di rumah atau gudang. Kardus, sikat gigi, sandal, bongkahan kayu, hingga selimut. Walau berasal dari barang bekas, instalasi karya keduanya akan membetot siapa pun yang melihatnya. Karyanya tak sekadar indah, tetapi juga megah.

Karya dari seniman yang sudah malang melintang di berbagai dunia itu bisa dinikmati masyarakat Indonesia di Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN). Pameran berlangsung sejak 24 Juni hingga 8 Oktober mendatang. Pameran bertajuk Somewhere, Elsewhere, Nowhere ini menampilkan instalasi berskala besar, patung, dan seni gambar yang telah dibuat selama lebih dari dua dekade.

Dari karya-karya yang dipamerkan, yang paling megah adalah karya berjudul In-Habit: Project Another Country (Here, There, Everywhere). Yakni, sebuah instalasi kardus berbentuk parabola dengan diameter 4 x 12 x 5 meter. Di permukaannya, terdapat miniatur kota dengan berbagai jenis bangunan, kegiatan, dan dinamikanya. Pengunjung juga bisa menikmati suasana kota dengan memasukkan kepala tepat di tengah karya tersebut.

Asisten Kurator Museum MACAN Aditya Lingga menjelaskan, instalasi In-Habit: Project Another Country (Here, There, Everywhere) memperlihatkan identitas karya Isabel dan Alfredo Aquilizan. Dalam berkarya, keduanya memang berbicara banyak soal cara menemukan identitas hingga sejarah terbentuknya diri melalui perjalanan dan migrasi. Miniatur kota dengan berbagai kegiatannya mencerminkan itu.

”Orang-orang yang hidup di kota bisa berinteraksi satu sama lain dengan berbagai perubahan yang membentuk identitasnya,” ujar Lingga.

Karena itu pula, benda-benda bekas yang sarat dengan aktivitas masyarakat menjadi bahan dalam membuat seni instalasi. Kardus, misalnya, identik dengan perjalanan. ”Kotak kardus bukan hanya tentang kardus, tapi juga tentang memori ketika orang pindahan,” kata Lingga.

Lalu, ada instalasi selimut bekas berjudul Dream Blanket Project. Selimut bukan sebatas kain, tetapi sebagai objek yang individual. Bukan hanya teman tidur, tetapi juga media yang merekam banyak hal saat seseorang rebahan hingga memejamkan mata.

Sementara itu, dalam sambutannya saat membuka pameran, Alfredo Aquilizan sangat antusias dengan pamerannya di Indonesia. Bagi dia, Indonesia memiliki peran dalam perjalanan seninya.

”Kisah kami terinspirasi dari pengalaman bekerja di berbagai tempat dengan beragam komunitas dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia,” jelas Alfredo.

Maklum saja, Alfredo dan istri memang pernah bermukim di Jogjakarta lima tahun lalu. Meski tidak lama, mereka banyak berinteraksi dengan warga Indonesia, khususnya para seniman.

Salah satu karya yang terinspirasi dari momen tersebut berjudul Caged. Itu merupakan instalasi seni berbentuk sayap pesawat berukuran asli yang dibentuk 92 sangkar burung yang disusun layaknya puzzle. Yang menarik, di instalasi tersebut ada suara kicauan burung yang memenuhi ruangan dengan melodi yang harmonis.

”Untuk menciptakan ruang refleksi bagi pengunjung dalam berinteraksi dan berkontemplasi,” terang Alfredo. (far/c14/dra)

Tulisan terbit di Jawa Pos Edisi 8 Juli 2023

Comments

Popular posts from this blog

Menyiapkan Ikan Arwana untuk Kontes Ala Iseereds Jakarta

Bibit Ikan Arwana Iseereds Jakarta foto Fedrik/Jawa Pos Setiap kontestasi selalu menuntut lebih untuk menjadi yang terbaik. Pun sama halnya dengan arwana super-red. Mempersiapkan mereka agar siap ”diadu” membutuhkan atensi, waktu, dan modal jauh lebih besar daripada untuk sekadar pajangan. --- ADA serangkaian proses dan tahapan yang wajib dilalui dalam menyiapkan arwana kontes. Karena sifatnya wajib, satu proses saja yang tidak maksimal hampir dipastikan hasilnya tidak akan maksimal. Pendiri Iseereds Jakarta Michael Leonard memaparkan, proses melahirkan arwana super-red jempolan bahkan harus dimulai sejak pemilihan bibit. Biasanya, para pemburu mencari bibit dengan anatomi bagus dan seunik mungkin. Misalnya, kepala dengan kontur sendok yang sempurna. Kemudian sirip dayung yang panjang hingga ekor besar yang memunculkan aura gagah. ”Masalahnya, hunting ikan dengan anatomi bagus itu nggak gampang. Karena orang sudah rebutan,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Sunter, Jakarta Utara,

Hadits-hadits Dakwah

  Kewajiban Dakwah 1)       مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم) “Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya” 2)       مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ . ( وراه صحيح مسلم) Rasulullah pernah bersabda: “ Barangsiapa yang melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum bisa, maka cegahlah dengan mulutmu, apabila belum bisa, cegahlah dengan hatimu, dan mencegah kemungkaran dengan hati adalah pertanda selemah-lemah iman ” HUKUM BERDAKWAH 1)       اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ )  (رواه البخارى) “Aj

Ayat dan Hadits Tentang Komunikasi Efektif

Bab I Pendahuluan Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika. Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan hadis (sunah Nabi).  Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.